rpp k13 biologi sma kelas xi semester 2 Revisi 2017 - Berkas File Sekolah - Berkas File Sekolah

Monday, 24 September 2018

rpp k13 biologi sma kelas xi semester 2 Revisi 2017 - Berkas File Sekolah

rpp k13 biologi sma kelas xi semester 2 Revisi 2017 - Berkas File Sekolah : Berikut adalah perangkat pembelajaran kurikulum 2013 untuk bapak dan ibu yang mengajar di SMA kelas XI. Kami sediakan dengan lengkap dan mudah digunakan sebagai bahan referensi penyusunan Rpp Mata Pelajaran Biologi.

rpp k13 biologi sma kelas xi semester 2 Revisi 2017 - Berkas File Sekolah


Dalam RPP Biologi Kelas XI, Kurikulum 2013 ini lengkap untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran Semester 1 dan Semester 2 baik di Kelas 10|X, Kelas 11|XI, dan Kelas 12|XII. Untuk mendownload Administrasi Pembelajaran Biologi, anda bisa mendownloadnya dibawah ini :

Berikut dibawah contoh Rpp dari matpel biologi kelas XI

Contoh Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)


(RPP) Berkarakter


Satuan Pendidikan :    SMA/MA ………………………………….
Mata Pelajaran       :    Biologi (Peminatan IPA)
Kelas / Semester      :    X I/2
Materi Pokok          :    Zat Makanan dan Sistem Pencernaan pada Manusia
Sub Materi Pokok   :        Syarat Makanan dan Fungsinya
                                           BMI dan BMR
                                           Menu Makanan Sehat
                                           Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia
Alokasi Waktu        :    ………………………………….. x  Menit


A.      KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
2.1    Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli   lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam tiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2    Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.7     Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.

Indikator
1.    Memahami fungsi makanan bagi tubuh.
2.    Menjelaskan zat makanan yang dibutuhkan tubuh.
3.    Memahami BMI dan BMR.
4.    Menganalisis menu makanan sehat.
5.    Menganalisis struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan makanan manusia.
Lihat
KI dan KD
Di LKS
 
C.      Tujuan Pembelajaran
Lihat
KI dan KD
Di LKS
Peserta didik diharapkan dapat:
1.    menjelaskan fungsi-fungsi zat makanan bagi tubuh,
2.    menghitung BMI dan BMR.
3.    menyusun menu makanan empat sehat lima sempurna,
Lihat
KI dan KD
Di LKS
4.    memahami struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan makanan pada manusia, dan
5.    menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan makanan pada manusia kaitannya dengan nutrisi makanan.

D.      Materi Pembelajaran
1.      Syarat Makanan dan Fungsinya
2.      BMI dan BMR
3.      Menu Makanan Sehat
4.      Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan   :    Pendekatan ilmiah (scientifict approach)
Model           :    Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode         :    1.  Ceramah Plus
2.    Inquiri
3.    Pemecahan Masalah
4.    Diskusi
5.    Eksperimen

F.       Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.       Laptop, CPU
b.      LCD Projector
c.       Film/Video
d.      Gambar/Foto
e.       Tabel/Diagram
f.       Alat Praktikum
2.         Sumber Belajar
a.       Buku Ajar Biologi XI B Kurikulum 2013, Fokus CV Sindunata.
b.      Campbell, Neil A, dkk. 2003. Biologi Jilid 2, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
c.       Referensi lain yang relevan.
d.      Internet.

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (… menit)
1.    Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2.    Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3.    Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
4.    Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5.    Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.    Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.    Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar /slide/video.
 


Link 
Download RPP Biologi Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Terimakasih dan demikianlah yang dapat kami bagikan dari rpp k13 biologi sma kelas xi semester 2 Revisi 2017 - Berkas File Sekolah, semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda